Wednesday, January 29, 2014

Perbedaan MLM dan Money Game versi APLI

hai blogger...


Berikut ini adalah 12 perbedaan MLM dengan MoneyGame atau Ponzi Scheme menurut situs resmi www.APLI.or.id
1 .MLM: Sudah dimasyarakatkan dan diterima hampir di seluruh dunia.
>< Money Game: Sudah banyak negara yang melarang dan menindak perusahaan dengan sistem ini, bahkan pengusahanya ditangkap pihak yang berwajib
NB: di Indonesia money game selalu berkedok dengan SIUP/Surat Izin Perdagangan, padahal sepantasnya juga terdaftar di APLI.

alhamdulillah Oriflame sudah 65 tahun di dunia dan 25 tahun di Indonesia jadi bukan sebuah perusahaan abal2 yaaa :)
2 .MLM: Berhasil meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para anggotanya dari level atas sampai level bawah.
>< Money Game: Hanya menguntungkan bagi orang-orang yang pertama atau lebih dulu bergabung sebagai anggota, atas kerugian yang mendaftar belakang
NB: Pada MLM terbuka kemungkinan seorang downline menyalip upline diatasnya berdasarkan omset jaringan yg dibinanya. di Oriflame, mau gabungnya duluan atau belakangan, kalo kamu giat bekerja maka bisa jd kamu yg baru gabung bisa aja membalap orang2 yang duluan gabung :)
3 .MLM: Keuntungan/keberhasilan Mitra Usaha ditentukan dari hasil kerja dalam bentuk penjualan/pembelian produk/jasa yang bernilai dan berguna untuk konsumen.
>< Money Game: Keuntungan/keberhasilan anggota ditentukan dari seberapa banyak ybs merekrut orang lain yang menyetor sejumlah uang sampai terbentuk satu format Piramida.
NB: Format jaringan MoneyGame pasti binary dua kaki, 1 kanan 1 Kiri. Lalu menawarkan yg namanya Bonus Pasangan.
Di MLM formatnya bukan binari dua kaki, dan bonus di bayar berdasarkan omset penjualan jaringan secara keseluruhan. 
4 .MLM: Setiap orang hanya berhak menjadi Mitra Usaha sebanyak SATU KALI saja.
>< Money Game: Setiap orang boleh menjadi anggota berkali-kali dalam satu waktu tertentu, menjadi anggota disebut dengan membeli KAVLING?, jadi satu orang boleh membeli beberapa kavling.
NB: Di bisnis moneygame biasanya kita bisa mendaftar berkali2 atau istilahnya menggandakan diri dengan berupa banyak titik/Hak Usaha, ya untuk memperkaya diri sendiri.
5 .MLM: Biaya pendaftaran menjadi anggota tidak terlalu mahal, masuk akal dan imbalannya adalah Starter Kit yang senilai. Biaya pendaftaran tidak dimaksudkan untuk memaksakan pembelian produk dan bukan untuk
mencari untung dari biaya pendaftaran.
>< Money Game: Biaya pendaftaran anggota sangat tinggi, biasanya disertai dengan produk-produk yang jika dihitung harganya menjadi sangat mahal (tidak sesuai dengan produk sejenis yang ada di pasaran). Jika seorang anggota lebih banyak merekrut orang lain, maka barulah ybs mendapatkan keuntungan, dengan kata lain keuntungan didapat dengan merekrut lebih banyak anggota, bukan dengan penjualan yang lebih banyak.

NB: gabung yuk di Oriflame hanya Rp. 49.900 saja gak pake ribet ^_^
6 .MLM: Keuntungan yang didapat Mitra Usaha dihitung berdasarkan hasil penjualan dari setiap anggota jaringannya.
>< Money Game: Keuntungan yang didapat anggota dihitung berdasarkan sistem rekruting sampai terbentuk format tertentu.

NB : di Oriflame, keuntungan yang didapat berdasarkan hasil penjualan sales grup, dengan adanya pembinaan jaringan, training produk, dll maka consultant Oriflame diharapkan akan semakin maju dan bisa menjadi top leader untuk setiap grupnya masing-masing, jadi disini kerjasama sebuah tim sangatlah mutlak.
7 .MLM: Jumlah orang yang direkrut anggota tidak dibatasi, tetapi dianjurkan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.
>< Money Game: Jumlah anggota yang direkrut dibatasi. Jika ingin merekrut lebih banyak lagi, ybs harus menjadi anggota (membeli kavling) lagi.

NB : merekrut sebanyak-banyaknya utk menjadi consultan Oriflame yaitu dengan mengajak teman teman yang lain untuk bisa sukses berjamaah, karena disini tujuannya adalah mensukseskan downline dulu untuk kesuksesan diri sendiri :)
8 .MLM: Setiap Mitra Usaha sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang menumpuk barang (Inventory Loading) karena di dalam jualan langsung yang terpenting adalah produk yang dibeli bisa dipakai dan dirasakan khasiat/ kegunaannya oleh konsumen.
>< Money Game: Setiap anggota dianjurkan untuk menjadi anggota berkali-kali dimana setiap kali menjadi anggota harus membeli produk dengan harga yang tidak masuk akal. Hal ini menyebabkan banyak sekali anggota yang menimbun barang dan tidak dipakai.
NB: jelas banget yaa bahkan Oriflame juga melarang kita buka STOKIST, tujuannya agar tidak terjadi kecurangan harga, poin dan juga menghindari produk expired yang dijual pada stokist tersebut.
9 .MLM: Program pembinaan Mitra Usaha sangat diperlukan agar didapat anggota yang berkualitas tinggi.
>< Money Game: Tidak ada program pembinaan apapun juga, karena yang diperlukan hanya rekruting saja.
NB: Pembinaan di bisnis Oriflame bersama d'BC Network sangat lengkap fasilitasnya, mulai dari kita mendapatkan web replika, eBook Training gratis, dll :)
10 .MLM: Pelatihan produk menjadi hal yang sangat penting, karena produk harus dijual sampai ke tangan konsumen.
>< Money Game: Tidak ada pelatihan produk, sebab komoditas hanyalah rekrut keanggotaan. Produk dalam sistem ini hanyalah suatu kedok saja.
11 .MLM: Setiap up line sangat berkepentingan dengan meningkatnya kualitas dari para downlinenya, kesuksesan seorang Mitra Usaha dapat terjadi jika downlinenya sukses. Keberhasilan upline ikut ditentukan dari keberhasilan down line.
>< Money Game: Para up line hanya mementingkan rekruting orang baru saja. Apakah downline berhasil atau tidak, bukanlah merupakan perhatian dari upline.
NB: di Oriflame, menyukseskan downline utk kesuksesan diri sendiri, jadi sukses berjamaah :)
12 .MLM: Merupakan salah satu peluang berusaha yang baik dimana setiap Mitra Usaha harus terus melakukan pembinaannya untuk jaringannya. Tidak bisa hanya menunggu.
>< Money Game: Bukan merupakan suatu peluang usaha, karena yang dilakukan lebih menyerupai untung-untungan , dimana yang perlu dilakukan hanyalah membeli kavling? dan selanjutnya hanyalah menunggu.
NB: di MLM pasti ada tutup point untuk mempertahankan posisi yg sudah dicapai, jika tidak berhasil tutup poin ya tidak dapat bonus. Ini penting untuk mempertahankan omset perusahaan.
Contoh MLM: ORIFLAME (bisa lihat daftarnya disini yaa)
Money Game: Profindo2U, Bowo Jenggot, V-net, DBS, Intermediaworld, VSI.
Sekian semoga bermanfaat dan mendapat pencerahan soal sistem ini.

sumber : APLI, roda2blog.com

0 comments:

Post a Comment