Tuesday, January 28, 2014

apa itu Money Game??

Definisi money game adalah permainan uang dengan skema ponzi Klik disini tentang sejarah ponzi/money game, untuk mendapatkan keuntungan dari peredaran uang di dalamnya.

Gamblangnya, member baru membayar sejumlah uang dan tidak dijelaskan untuk apa uang itu karena nilai barang yang didapatkan tidak sebanding dengan jumlah uang yg disetor.

Distribusi barang/jasa enggak penting, karena yang penting adalah member get member, uang pendaftaran itulah obyeknya bukan jasa atau produknya.

Dalam hukum dasar muamalah Islam, sebuah investasi harus jelas, berapa biayanya dan untuk apa alokasinya. Bila enggak jelas itu bisa disebut mayssiir.

“MLM murni yang benar” memperoleh laba dari penjualan product. Bukan dari perekrutan member. Karena kalau mencari keuntungan dari perekrutan member pastinya akan terjadi ponzi scheme. 

Istilahnya uang berputar-putar hanya di dalam member dan owner saja. Product ada tapi tidak menghasilkan apapun. Karena hanya dijadikan kedok untuk skema ponzi ini. 

Coba saja lihat beberapa MLM yang sudah hilang, rata-rata melakukan system yang sama (mengutamakan perekrutan member daripada penjualan product), dan sebaliknya MLM yang masih bertahan hampir semuanya memfokuskan pada penjualan product dibanding perekrutan member dengan biaya yang tinggi.

Alhamdulillah bisnisku Oriflame bertahan hingga 65 tahun di dunia 


0 comments:

Post a Comment